Minoxvit, Peningkat Kualitas Semen dan Reproduksi Pada Ternak

By Admin


nusakini.com - Permasalahan reproduksi induk dan pejantan pada ternak sapi salah satunya disebabkan karena stress lingkungan dan kekurangan mineral dan vitamin utama. Hal ini secara umum bisa diatasi dengan pemberian antioksidan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Dilansir dari situs resmi Balitbangtan Kementan, salah satu hasil inovasi Balitbangtan yang juga dapat membantu mengatasi permasalahan reproduksi ini adalah Minoxvit. Minoxvit berasal dari kata MIN yang berarti mineral; OX yang berarti antioksidan; dan VIT yang berarti Vitamin. Minoxvit adalah suatu pakan aditif yang mengandung antioksidan alami, vitamin dan mineral yang bila dibetikan kepada induk atau pejantan dapat meningkatkan status reproduksinya.

Mengapa dapat diberikan kepada Induk dan pejantan? Karena Minoxvit mengandung antioksidan yang dapat mengatasi masalah stress akibat radikal bebas, meningkatkan imunitas tubuh. meningkatkan motilitas dan viabilitas dari sperma. Selain itu Minoxvit juga mengandung Vitamin dan Mineral Se yang mempunyai fungsi untuk meningkatkan estrus induk dan meningkatkan kualitas sperma pejantan.

Pakan aditif Minoxvit ini mampu meningkatkan kualitas semen ternak yaitu dengan meningkatkan konsentrasi sperma dalam semen, meningkatkan presentase sperma yang hidup, meningkatkan motilitas sperma dan meningkatkan volume semen.

Selain itu, dalam proses reproduksi, pakan ini juga membantu dalam meningkatkan kinerja mikroba rumen, mencegah penurunan bobot badan induk setelah melahirkan, meningkatkan laju pertumbuhan anak yang baru lahir dan memperpendek post partum oestrus (masa timbulnya birahi kembali setelah melahirkan –Red).

Minoxvit sebaiknya diberikan dengan dosis 3 gram/30 kg berat badan ternak, setiap hari selama 4 bulan untuk induk yang sedang bunting yaitu 2 bulan sebelum dan 2 bulan setelah melahirkan. Sedangkan untuk pejantan, minoxvit dapat diberikan dengan dosis 3 gram/30 kg berat badan ternak setiap hari. (p/mr)